Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mempercepat Blogger

 
Cara Mempercepat Blogger

Cara Mempercepat Blogger - Harga Waktu itu sama dengan harga uang. Pasti Anda telah  mendengar dan mungkin hafal di luar kepala kata bijak itu. Tampaknya, pepatah singkat itulah yang paling cocok menggambarkan alasan kenapa anda benar-benar perlu memperhatikan kecepatan akses blog anda.

Saat anda sendiri mencari informasi tentang sesuatu hal dari internet, tentunya anda juga sangat terburu-buru dan tidak ingin berlama-lama berada pada sebuah blog atau website yang sangat lambat aksesnya. 

Jika benar anda demikian, maka begitu juga dengan para pengunjung yang datang ke blog anda. Hal ini juga artinya adalah bahwa kecepatan akses pada sebuah blog akan mempengaruhi betah atau tidaknya para pengunjungnya pada blog tersebut. Inilah yang menjadi factor paling utama kenapa anda perlu mempelajari cara mempercepat blogger blog anda.

Bahkan, bukan itu saja, menurut data hasil pengamatan google, disebutkan bahwa 53% pengguna internet yang datang ke suatu blog, pergi begitu saja dari blog tersebut jika blog itu sangat berat hingga butuh waktu lebih dari 3 detik untuk dapat menyajikan halaman yang dibutuhkan oleh pengunjungnya.

Ada juga data lainnya yang memperlihat kepada anda tentang pengaruh tambahan jika blog anda lambat, di antaranya:
  1. 79% pengunjung akan merasa ketidakpuasan dan tidak akan kembali lagi.
  2. 49% dari total pengunjung yang pergi itu akan kurang percaya pada bisnis anda. 
  3. 44% pengunjung akan teringat terus rasa kecewanya pada blog anda, dan bahkan terkadang memberitahukannya kepada orang lain.
Dari semua data di atas, bisa disimpulkan bahwa sangat besar kerugian yang akan anda alami jika akses pada blog anda sangat lambat.

Namun, sebelum cara mempercepat blogger dibahas, akan sangat baik jika anda juga mengetahui lebih dulu tentang berbagai faktor penyebab sebuah blog menjadi sangat lambat, yaitu: 
  • Tema Blog yang Sangat “Berat”
  • Memakai widget terlalu Banyak
  • Memasang Iklan Sangat Banyak 
  • Ukuran gambar terlalu besar 
Oleh karena itu, selain merutinkan posting artikel pada blog anda, anda juga sangat butuh untuk selalu memeriksa kecepatan pada blog anda. Berkaitan dengan ini, anda dapat memakai bantuan berbagai situ pemeriksa kecepatan akses blog, misalnya Pingdom, Chrome DevTools, GTMetrix, dan Google PageSpeed Insights.

Cara Mempercepat Blogger 

Jika saat pemeriksaan dengan memakai aplikasi atau situs pemeriksa kecepatan blog blog anda ternyata meraih nilai rendah, maka saatnya anda memakai cara-cara berikut ini untuk memperbaiki masalah tersebut, yaitu:

1. Meminimalisir Ukuran Gambar

Mengecilkan ukuran gambar adalah satu diantara sekian banyak cara efektif mempercepat loading pada blog. Biasanya, pada masa-masa awal ngeblog, anda belum memahami bahwa ukuran gambar yang besarnya lebih dari 100 kb, lama-kelamaan akan membuat blog anda lambat untuk diakses.

Oleh sebab itu, jika saat ini blog anda sudah lambat aksesnya, mulailah membatasi ukuran gambar yang akan anda pakai sebagai pendukung pada setiap artikel postingan. Format gambar yang terbaik untuk blog anda adalah format webp, jpg, dan juga JPEG. 

2. Hilangkan Widget Tidak Penting

Kesalahan yang satu ini juga paling banyak dilakukan oleh para blogger pemula, yaitu banyak memasang beragam widget blog pada widget tersebut tidak penting dan bahkan menjadi sebab utama lambatnya loading blog.

Olehnya itu perlu anda ingat dan segera lakukan adalah menghapus berbagai widget tidak penting dari blog anda. Untuk melihat widget mana saja yang penting, anda bisa mempelajarinya di berbagai tulisan artikel yang membahas tentang kriteria blog adsense.

Khusus untuk blogger pengguna blogspot, ada beberapa widget yang penting anda pasang pada blog anda, yaitu widget arsip blog, label, dan postingan popular. Selain dari widget ini, anda lebih baik menghapusnya agar tidak membebani blog anda. 

3. Kurangi Banyaknya Artikel Dari Beranda utama Blog

Apabila blog anda punya banyak artikel pada halaman utamanya, maka kurangilah jumlah postingan yang ditampilkan tersebut lewat menu pengaturan blog anda. Sebab, penampilan artikel dalam jumlah banyak pada beranda blog akan berakibat pada lambatnya loading pada blog anda.

4. Pakailah Fitur Embed Saat Memasang Video Dalam Artikel

Jika dalam artikel anda akan ditampilkan sebuah video terkait artikel blog anda, maka sebaiknya anda jangan mengupload videonya langsung pada halaman artikel tersebut.

Tetapi pakailah fitur embed atau insert video dari situs yang lain. Untuk keperluan video, anda bisa memakai video dari akun youtube anda, atau situs penyedia video lainnya tanpa melanggar hak karya ciptanya. 

5. Memperhatikan Nilai Kecepatan Blog saat Diakses dengan Gadget Mobile 

Saat anda melakukan sebuah pemeriksaan kecepatan pada blog anda, maka aka nada dua nilai yang akan anda dapati, yaitu nilai kecepatan blog pada Hp atau mobile, dan nilai kecepatan blog pada laptop atau PC. Umumnya, nilai kecepatan blog pada PC selalu tinggi dan tidak mudah turun.

Namun, seringkali yang memiliki nilai akses rendah adalah nilai akses blog anda dari halaman mobile atau lewat gadget hp atau smartphone.

Oleh sebab itu, nilai kecepatan blog yang perlu jadikan patokan adalah nilai blog anda pada halaman gadget atau HP. Terus lakukan perbaikan hingga nilai akses blog anda pada halaman HP menjadi baik atau paling aman di atas 70.  

Cara Meningkatkan Kecepatan Blog pada Akses HP

1. Memasang Tema Blog Mobile Friendly dan Responsif

Jika anda masih memakai tema blog gratis bawaan blogger, maka sebaiknya anda mencari dan membeli tema blog premium khusus blogger. Ada sangat banyak tema blog premium dengan harga murah dan terjangkau yang sekarang ini banyak dipakai oleh para blogger, salah satunya yaitu tema blog karya mas sugeng.

Dengan tema blog premium, anda tidak perlu lagi melakukan optimasi pada tema blog anda, dan anda akan bisa focus pada pembuatan artikel. Sebab, tema-tema premium tersebut sudah dioptimasi oleh pembuatnya agar mobile friendly, seo friendly, dan juga sudah terbukti diterima oleh adsense.

2. Menghindarkan Pemakaian Pop-up

Menu pop-up sering muncul dan dipakai untuk berbagai keperluan, misalnya untuk iklan atau untuk menampilkan widget tertentu. Hal ini pastinya sangat berpengaruh pada tingkat kecepatan akses blog anda. Olehnya, sebaiknya anda menghindari penggunaan pop up untuk keperluan apapun di blog anda.

3. Memakai Menu Simpel

Cara berikutnya sebagai usaha untuk meringankan dan mempercepat akses blog adalah dengan memasang menu yang sederhana dan simple. Anda cukup menampilkan beberapa kategori bahasan artikel blog anda, serta beberapa menu penting lainnya. Sebab, banyaknya menu juga akan berpengaruh pada kecepatan akses blog anda.

Sebagai penutup, ada beberapa keuntungan yang akan anda dapatkan jika blog anda memiliki kecepatan yang memenuhi standar, yaitu:
  • Melipat gandakan pengunjung blog;
  • Menaikkan ranking artikel di halaman google;
  • Membuat nyaman para pengunjung;
  • Membuat pengunjung mau menjelajah beberapa saat sebelum pergi;
  • Meningkatkan penayangan iklan dan potensi kliknya.
  • Meningkatkan penghasilan iklan dari adsense, atau juga iklan lainnya.

Posting Komentar untuk "Cara Mempercepat Blogger"