Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menghapus Sampah Blog dengan Plugin Clean Options

 

Menghapus Sampah Blog dengan Plugin Clean Options Apakah anda termasuk yang suka install/uninstall plugin dan theme WordPress berkali², Pasti pernah atau malah mungkin sering seperti yang saya lakukan. benarkan.?, setelah diuninstal pasti meninggalkan jejak atau sampah di database WP, walaupun plugin / theme tersebut sudah tidak dipakai lagi.

Umumnya plugin dan sebagian theme WP yang diinstal ikut membuat subtable di table wp_options, dan sebagian besar plugin / theme tidak akan menghapus kembali subtable yang telah dibuatnya apabila tidak digunakan lagi, alias menyisakan sampah blog di wp_options.

Bagaimana Cara Menghapus Sampah Blog dengan Plugin Clean Options

Salah satu cara manual untuk menghapus sampah blog dengan langsung masuk ke phpmyadmin – nama database blog – table wp_options dan hapus subtable yang dirasa tidak perlu, cara ini lumayan lama kalau banyak sampah di blog.

Nah, Mari Menghapus Sampah Blog secara efisien dengan Plugin Clean Options, kalau sobat malas seperti saya untuk Menghapus Sampah Blog  satu persatu subtable yang tidak berguna. Tinggal install Plugin Clean Options dan anda bisa download disini lalu aktifkan kemudian ikuti langkah berikut satu persatu cara Menghapus Sampah Blog :

1. Klik Tools – Clean Options. pada Saat plugin ini diaktifkan secara langsung akan menampilkan berapa jumlah subtable yang dianggap tidak berguna.

2. Klik “Find Orphaned Options” untuk melihat seluruh subtable yang dianggap Sampah.

Hasilnya akan ditampilkan lewat “Possibly Orphaned Options“.

3. Select All untuk memulai menghapus sampah blog tapi sebaiknya dicek lagi apabila ada subtable yang tidak ingin dihapus secara massal oleh plugin ini.

4. Klik View Selected Options Information, kemudian akan muncul pilihan Ya atau Tidak.

5. Jika yakin untuk menghapus sampah blog pilih Yes, Remove ALL of these options from the wp_options table kemudian Submit. Selesai !

Catatan :

Biasakan Backup database atau table wp_options saja terlebih dahulu untuk menghindari kemungkinan error.
Jika terinstall plugin WP Firewall maka non aktifkan terlebih dahulu karena wp firewall otomatis memblok perintah sql dari Plugin Clean Options.
Plugin Clean Options bisa di non aktifkan setelah proses selesai atau aftifkan apabila diperlukan saja.
Demikianlah cara Menghapus sampah blog dengan plugin clean options

Selamat Mencoba

Posting Komentar untuk "Menghapus Sampah Blog dengan Plugin Clean Options"