Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Mengukur Potensi sebuah Blog Bisnis Dalam Bisnis Online

 

Untuk mengukur sejauh mana blog bisnis yang kita kelola memiliki potensi dalam bisnis online  yang paling utama  dilihat adalah berapa jumlah transaksi bisnis online itu sendiri.

Tapi untuk mengukur dengan lebih akurat maka Anda harus  membandingkan blog bisnis Anda dengan blog bisnis yang lainnya. Minimal Anda tentukan  2 blog bisnis yang akan di bandingkan dengan blog bisnis anda.

Jika telah menentukan  pembanding bagi blog bisnis Anda maka lihatlah perbandingan traffic range, hasil pencarian Search Engine menggunakan kata kunci tertentu dan nilai page rank.

Nilai Traffic Range ini menentukan sejauh mana blog bisnis Anda banyak di akses di bandingkan dengan website lainnya. Karena pengukurannya menggunakan Alexa.com maka kita sebut nilai pengukurannya sebagai Alexa Range.

Kata kunci yang digunakan untuk perbandingan hasil pencarian tergantung pada jenis bisnis online Anda. Jika Anda berbisnis toko buku online maka dapat menggunakan kata kunci ‘beli buku’ . Jika anda membuat bisnis konsultasi bisnis online untuk usaha mikro , kecil dan menengah maka kata kunci yang di bandingkan adalah ‘bisnis online’,  ‘ mikro bisnis’ atau ‘bisnis kecil’.

Dari hasil pencarian tersebut dapat dilihat blog bisnis anda berada di rangking berapa dan bagaimana jika di bandingkan dengan rangking blog bisnis yang anda bandingkan. Karena saat ini pencarian melalui google yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet maka gunakan mesin pencari google dalam proses membandingkan kata kunci ini.

Page range adalah sebuah penilaian di mata google sejauh mana weblog atau blog anda dinilai penting. PR dimulai dari 0 hingga 10. Website yang bergengsi di dunia rata-rata minimal berada pada PR 6. 

Jika blog bisnis anda masih berada di bawah 6 maka upayakan agar dapat mencapai nilai tersebut walaupun menurut saya jika blog bisnis anda memiliki PR 3 sudahlah lumayan sebagai langkah awal membangun blog bisnis. Tapi tentunya Anda juga harus melihat berapa PR dari blog bisnis yang Anda bandingkan.

Ketiga pengukuran di atas dapatlah dijadikan patokan awal untuk menilai sejauh mana blog bisnis yang Anda kembangkan memiliki peluang dalam mendapatkan pelanggan di bisnis online.

Dengan membuat perbandingan pengukuran  ini secara periodik dan dengan membandingkan trennya dengan blog bisnis yang lain maka  anda dapat melihat sejauh mana  peluang blog bisnis yang anda kembangkan dalam bisnis online.

Posting Komentar untuk "Bagaimana Mengukur Potensi sebuah Blog Bisnis Dalam Bisnis Online"